PEMBACA / READERS

 mualai 26 SEPT 2010
since 26 september 2010

06 October 2010

ANDA TAHU TENTANG BERSIN?


Setiap orang pasti pernah bersin, tol x?. tahukah anda apa yang sebenarnya terjadi ketika kita bersin?.



Lebih dulu kita perlu tahu apa ye bersin itu?. Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Bersin dapat menyebarkan penyakit dengan butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 µm. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin. makanya anda semua kalau bersin sebaiknya menggunakan tissue agar air-air yang mengandung penyakit itu tidak menyebar kemana-mana.


Lalu kenapa kalau kita lagi bersin pasti menutup mata?. kerana saraf-saraf yang terdapat di hidung dan mata itu sebenarnya saling berkaitan, sehingga pada saat kita bersin, maka secara automatiknya mata kita akan terpejam. Hal ini untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi oleh bakteri yang keluar dari membran hidung. Pada saat kita bersin, secara refleks otot-otot yang ada di muka kita menjadi tegang, jantung akan berhenti berdenyut sesaat. Segera setelah bersin maka jantung akan kembali lagi berdenyut alias berdetak kembali.

Penyebab bersin:


1. Aliran udara yang masuk akan melewati rongga hidung yang diselimuti selaput lendir hidung, bila selaput lendir ini terkena dengan bahan-bahan iritan atau alergik maka akan timbul bersin.


2. Timbul akibat adanya peradangan (rhinosinusitis), benda asing, infeksi virus, atau reaksi alergi.


Reaksi yang ditimbulkan oleh Bersin:


Terjadi gejala alergi yang menimbulkan reaksi,


1. Bersin-bersin.


2. Hidung gatal.


3. Hidung tersumbat.

 
Bersin sebenarnya berguna menjaga agar hidung tetap bersih, bersin yang terjadi berulang-ulang diharapkan dapat membantu upaya pembersihan dalam rongga hidung.


Jantung berhenti berdetak saat kita bersin.


Beberapa mahasiswa dari sebuah universiti di Amerika membuat penelitian tentang bersin ini. Mereka ingin tau kenapa manusia bersyukur dan saling mendoakan pada saat bersin. Dari hasil penelitian, ternyata pada saat bersin jantung manusia berhenti berdetak NON KOMA SEKIAN DETIK. Dan kita tau kalau jantung merupakan organ vital bagi manusia, maka dari itu hendaknya tutuplah mulut kalian ketika bersin agar virus-virus yang ada tidak menyebar.

4 comments:

eLYies said...

aku suka bersin..lepas bersin legaaaa je...tp kalo kerap bersin..rimas gak..kan..huhuh

Ciklinn said...

aku nak tangal dah idung ni.. selsema.. terbersin2 naik sengall pale aku

Ƹ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ tinieƸ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ ♥●•٠·˙ said...

bagus info

Mizz_Ila said...

yies : ko ada resdung ke? kalau bersin pagi2 kalau x selsema maknanya ko ada resdung.

kak lin: tula..kalau selesema mmg x selesa. rasa nak cabut hidung letak dlm fridge. lega skit

tinie : :) sharing is caring. :)

 
template by suckmylolly.com